Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROSES SAAT TIBA DI INDONESIA SETELAH TRAVELING DARI LUAR NEGERI

Artikel ini mengenai proses ketibaan di Indonesia terutama di Bandara Soekarno Hatta bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang kembali ke Indonesia di masa pandemi berdasarkan dari pengalaman saya di bulan Desember 2021 setelah kembali dari perjalanan ke Amerika Serikat. 
Status saya bukan Pekerja Migran Indonesia (PMI; TKI/TKW), bukan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) apalagi pelajar. Status saya meskipun sebagai tour leader yang bekerja mendampingi wisatawan tapi dikategorikan sebagai turis yang baru kembali dari jalan-jalan. Namun baik ASN, PMI, Pelajar ataupun turis sama-sama harus menempuh karantina setibanya di tanah air dan harus menjalankan proses ketibaan yang gak jauh berbeda di masa pandemi ini. 

Disclaimer, Prosedur ini bisa saja berubah seiring dengan dinamika berkaitan dengan Covid-19 jadi harus selalu ikuti informasi dari pemerintah atau perkembangan melalui media. Semoga bermanfaat.

1. Tiba di Bandara Soekarno Hatta. Fyi, jadwal pesawat yang saya tumpangi mendarat tengah malam dan gak banyak jadwal pesawat yang mendarat saat itu sehingga antrian gak padat. Setelah keluar dari pesawat, kita akan berjalan menuju area tempat menunggu dan antri (duduk) berdasarkan grup kedatangan pesawat. Kita akan berpindah area tempat duduk sebanyak 3-4 kali hingga mendekat konter pengecekan dokumen.


2. Konter pengecekan paspor dan boarding pass (boarding pass jangan sampai hilang ya). Juga ditanya habis dari mana dan tujuan perjalanannya untuk apa. Jika tujuan berpergian sebagai turis apakah sudah punya reservasi hotel karantina. Status saya sekali lagi bepergian sebagai turis dan sudah punya reservasi hotel. Di konter ini akan diberikan selembar QR-Code.



3. Konter pengecekan dokumen perjalanan dan kesehatan. Di konter ini akan dicek paspor beserta bukti vaksinasi ke-2 dan hasil test PCR (boleh hard copy atau soft copy) sebelum keberangkatan ke Indonesia. Juga, akan di-scan QR Code yang diperoleh dari konter sebelumnya.



 

4. Berjalan menuju area PCR test. Biasanya akan terlihat antrian di area ini. Antri yang manis ya kakak, jangan maen serobot.


5. Begitu tiba di kursi antrian depan konter test PCR, monggo duduk di bangku sesuai arahan petugas. 


6. Begitu tiba giliran kita, nanti akan diinta tunjukan paspor dan barcode bukti reservasi hotel untuk karantina. Jika status seperti saya yang berpergian sebgai turis dan tiba di sSoekarno Hatta belum punya bukti reservasi hotel karantina maka kita akan diminta untuk melakukan reservasi hotel. Di konter ada informasi link daftar hotel untuk karantina: quarantinehotelsjakarta.com
Disarankan sebelum tiba di Indonesia sudah punya booking-an/reservasi hotel untuk karantina untuk mempercepat proses ketibaan. Karena kalo gak punya bukti reservasi hotel maka kita akan tertahan di area itu alias ga bisa keluar.






7. Setelah beres proses test PCR, berjalan menuju konter imigrasi untuk pengecakan paspor. Berhubung di area ini dilarang melakukan aktifitas berfoto maka tidak ada gambar.

8. Setelah proses pengecekan paspor di konter imigrasi, silahkan menuju conveyor belt untuk mengambil bagasi.

9. Setelah ambil bagasi dan memastikan barang bawaan kita sesuai dan aman maka berikutnya kita berjalan menuju antrian custom. Jangan lupa untuk isi formulir custom (bea cukai). jika kita bepergian bersama anggota keluarga, cukup 1 formulir saja diisinya. Formulir harus diserahkan ke petugas.

10. Setelah melewati custom kita akan masuk area lobi kedatangan dan menunggu di situ untuk proses penjemputan oleh pihak hotel. Tapi, sebelum kita meninggalkan bandara, ktia harus menunggu sampai keluar hasil PCR test. 


11. Setelah hasil PCR test keluar dan dinyatakan negatif maka kita akan difoto dulu sebagai salah satu bentuk laporan oleh petugas. Setelah itu kita menuju kendaraan yang menjemput dan meluncur ke hotel tujuan karantina.


Semua proses dari keluar pesawat hingga penjemputan oleh pihak hotel atau wisma bisa berlangsung antara dua hingga empat jam. Bisa kurang bisa lebih tergantung dari jadwal kedatangan pesawat dan juga tergantung apakah tujuan karantina ke hotel atau ke wisma atlet. Juga, bagi yang non PMI / pelajar /ASN apakah sudah punya reservasi hotel atau tidak.

Lalu, gimana dengan karantina? Bisa cek disiniStay tuned terus dengan cerita-ceritanya traveler modis.

1 komentar untuk "PROSES SAAT TIBA DI INDONESIA SETELAH TRAVELING DARI LUAR NEGERI"

Gita Siwi 18 Januari 2022 18.34 Hapus Komentar
Pindah duduk 3-4 kali bisa dijadiin relaksasi sejenak ya kak dalam perjalanan ini