WISATA KULINER LEGENDARIS DI KOTA BANDUNG

05.37



Kalo nanti 'badai' virus corona udah berlalu kita jalan-jalan Ke Bandung yuuuuuk? Saya mau ajak sobat traveler wisata kuliner legendaris di kota historis Paris van Java.

Sebagai orang yang lahir dan besar di Bandung, saya tau betul tempat-tempat makan dan minum yang kesohor seantero kota kembang. Dan, saya mau ajak sobat travaler berwisata kuliner legendaris di kota kelahiran saya ini. Kenapa legendaris? Karena tempat-tempat makan berikut ini udah ada di kota Bandung sejak tiga dekade yang lalu bahkan ada yang berusia hampir 100 tahun dan sampai sekarang masih melayani serta memanjakan lidah urang Bandung dengan aneka sajian kuliner yang enak dan ‘nganenin’.

Mau tau wisata kuliner legendaris di Kota Bandung itu dimana dan apa aja? Markitdot, mari kita cekidot.

RESTORAN BRAGA PERMAI
Awalnya Braga Permai didirikan pada 1923 dengan bangunan bergaya tradisional Eropa dan bernama Maison Bogerijen. Restoran ini di masa keemasannya pernah jadi restoran elite bagi warga Eropa dan penyedia jasa kuliner Kerajaan Belanda di Bandung termasuk Gubernur Hindia Belanda waktu itu. Sayang arsitektur bergaya Eropa musnah dilalap api di tahun 60-an dan, kabarnya karena Presiden Soekarno gak suka nama-nama berbau asing maka nama berbau asing pun diIndonesiakan, tak terkecuali nama Maison Bogerijen pun diganti jadi Braga Permai. Kita masih bisa nikmati sedikit sentuhan tempo doeloe di dalam ruangan dengan gambar dan foto Bandung zaman dulu.

Maison Bogerijen (Braga Permai tempo dulu). Sumber: ar-gallery78.blogspot.com
Braga Permai masa kini. Sumber: ajakanak.com
Ada beragam menu dari yang khas Indonesia sampai yang bercitarasa Eropa terutama Belanda yang tetap dipertahankan keasliannya hingga sekarang. Pizza-nya enak. Kudu cobain juga kudapan ala noni Belanda; bitterballen-sejenis kroket berbentuk bulat dengan isian daging cincang, atau Poffertjes-sejenis kue cubit-dengan saus coklat. Wuih, enak banget.

Bitterballen. DokPri.
Poffertjes. DokPri.
Yang saya suka di sini, sambil nunggu pesanan datang, kita akan dikasih sekeranjang kecil roti dan air putih, gratis. Oh iya, Braga Permai ini juga dari dulu terkenal dengan es krim dan rotinya. Dan, tiap hari, kalo gak salah, setelah jam 7 malam, kue dan rotinya didiskon 20% dan bahkan didiskon sampai 40% untuk jenis rote tertentu. Asyik kan?

Alamat: Jl. Braga No. 58, Bandung. Telp: 022-4233778
Buka: Tiap hari, jam 6.30-00.00
TOKO ROTI SUMBER HIDANGAN


Toko roti yang berdiri sejak tahun 1929 ini dikenal dengan kue-kue belanda tempo dulu dan aneka jenis roti seperti kretenbrood (roti kismis) termasuk roti tawar tanpa bahan pengawet serta es krim bercita rasa klasik. Harga kue dan rotinya cukup ekonomis berkisar antara Rp6000-Rp20.000,-





Cobain kue, roti dan es krimnya dine-in alias makan di tempat aja supaya bisa ngerasain juga sensasi dan suasana tempo dulu di dalam toko roti & es krim legendaris berarsitektur kolonial satu ini. Dan, yang unik di sini adalah para pekerjanya dari pramuniaga hingga kasir semuanya udah sepuh. Oh iya, jangan datang kemari pas hari Minggu ya karena oma-opa yang kerja pasti gak ada di tempat alias libur.

Alamat: Jl. Braga No. 20-22, Bandung. Telp: 022-4236638
Buka: Senin-Jumat & Minggu, jam 9.00-15.30

RUMAH MAKAN LINGGAJATI



Suka mie bakso? Musti mampir tempat satu ini. Rumah makan dengan bangunan sederhana yang berlokasi di Jl. Balong Gede No. 1 ini berdiri sejak tahun 1950 dan dikenal sebagai “sesepuhnya” mie yamien baso di kota Bandung. Es alpokatnya juga kesohor. Dari mulai ibu rumah tangga sampai Gubernur jadi pelanggan setia rumah makan yang membandrol seporsi yamien spesial-mie kering manis/asin bertaburkan ayam suwir dengan kuah terpisah berisikan baso, tahu, babat- seharga Rp60.000-an dan es alpokat seharga Rp30.000-an ini. Cukup mahal sih tapi porsinya mengenyangkan dan rasanya, juwaraaah.



Alamat: Jl. Balonggede No. 1, Bandung. Telp: 081321197718
Buka: Senin-Minggu, jam 8.30-19.00

WARUNG KOPI PURNAMA


DI tengah gempuran kedai kopi kekinian di berbagai sudut kota Bandung, ada satu kedai kopi jadul yang masih bertahan sampai sekarang. Kedai kopi yang sudah hadir di Bandung sejak 1930 ini awalnya bernama Chang Chong Se! (Silahkan Mencoba!) namun karena kebijakan pemerintah di tahun 1966 yang mengharuskan nama berbau tiongkok diganti ke bahasa Indonesia maka digantilah menjadi Warung Kopi Purnama. Kedai kopi ini didirikan oleh Yong A Thong yang berasal dari kota Medan dan hijrah ke Bandung dan dilanjutkan oleh para penerusnya yang saat ini telah memasuki generasi ke-3.



Kedai kopi ini jadi salah satu tempat ngopi favoritnya warga Bandung. Di pagi hari pasti rame banget. Menunya banyak pilihan dari mulai aneka roti bakar hingga nasi timbel komplit pun ada. Kopi dan roti selai sarikaya adalah menu andalannya. Tapi, cermat dalam memilih menu ya karena ada pilihan non halal.

Alamat: Jl. Alkateri No. 22, Bandung. Telp: 022-4201841
Buka: Senin-Sabtu jam 6.30-18.00, Minggu jam 6.30-15.00

KOPI AROMA


Toko Kopi Aroma udah berdiri sejak tahun 1930-an dan  dikenal dengan kopi terbaiknya. Almarhum kakek nenek saya termasuk pelanggan toko kopi ini. Gudang kopi, pabrik dan tokonya terletak di tengah kepungan toko-toko suku cadang kendaraan di Jalan Banceuy. Kawasan ini sejak jaman Belanda emang udah jadi kawasan bisnis dan pecinan.


Kopi Aroma Bandung bukan kopi biasa, loh. Setelah dibeli dan dibersihkan, sebelum mulai diolah biji kopi aroma disimpan paling gak selama 8 tahun untuk biji kopi Arabika dan 5 tahun untuk kopi robusta. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam, sehingga rasa kopi yang dihasilkan lebih murni. Dengan begitu, selain jadi lebih nikmat, kopi aroma ini dipercaya gak mengganggu kerja lambung. Saking populernya, pelanggan bisa sampai antri panjang untuk bisa dapatkan sebungkus kopi. Dan, yang pasti aroma kopinya sedap banget.

Alamat: Jl. Banceuy No. 51, Bandung. Telp: 022-4230473
Buka: Senin-Sabtu, jam 8.30-14.30

Sobat traveller, itu tadi wisata kuliner legendaris di kota bandung. Buat referensimu kalo pas lagi pelesiran ke Bandung jangan lupa mampir ya ke tempat wisata kuliner legendaris di atas. Sebetulnya masih banyak tempat wisata kuliner legendaris lainnya di Bandung. Mau tau apa aja? Just, stay tuned only on www.idfipancani.com


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Follow by Email