WISATA KULINER LEGENDARIS DI KOTA BANDUNG

05.37



Kalo nanti 'badai' virus corona udah berlalu kita jalan-jalan Ke Bandung yuuuuuk? Saya mau ajak sobat traveler wisata kuliner legendaris di kota historis Paris van Java.

Sebagai orang yang lahir dan besar di Bandung, saya tau betul tempat-tempat makan dan minum yang kesohor seantero kota kembang. Dan, saya mau ajak sobat travaler berwisata kuliner legendaris di kota kelahiran saya ini. Kenapa legendaris? Karena tempat-tempat makan berikut ini udah ada di kota Bandung sejak tiga dekade yang lalu bahkan ada yang berusia hampir 100 tahun dan sampai sekarang masih melayani serta memanjakan lidah urang Bandung dengan aneka sajian kuliner yang enak dan ‘nganenin’.

Mau tau wisata kuliner legendaris di Kota Bandung itu dimana dan apa aja? Markitdot, mari kita cekidot.

RESTORAN BRAGA PERMAI
Awalnya Braga Permai didirikan pada 1923 dengan bangunan bergaya tradisional Eropa dan bernama Maison Bogerijen. Restoran ini di masa keemasannya pernah jadi restoran elite bagi warga Eropa dan penyedia jasa kuliner Kerajaan Belanda di Bandung termasuk Gubernur Hindia Belanda waktu itu. Sayang arsitektur bergaya Eropa musnah dilalap api di tahun 60-an dan, kabarnya karena Presiden Soekarno gak suka nama-nama berbau asing maka nama berbau asing pun diIndonesiakan, tak terkecuali nama Maison Bogerijen pun diganti jadi Braga Permai. Kita masih bisa nikmati sedikit sentuhan tempo doeloe di dalam ruangan dengan gambar dan foto Bandung zaman dulu.

Maison Bogerijen (Braga Permai tempo dulu). Sumber: ar-gallery78.blogspot.com
Braga Permai masa kini. Sumber: ajakanak.com
Ada beragam menu dari yang khas Indonesia sampai yang bercitarasa Eropa terutama Belanda yang tetap dipertahankan keasliannya hingga sekarang. Pizza-nya enak. Kudu cobain juga kudapan ala noni Belanda; bitterballen-sejenis kroket berbentuk bulat dengan isian daging cincang, atau Poffertjes-sejenis kue cubit-dengan saus coklat. Wuih, enak banget.

Bitterballen. DokPri.
Poffertjes. DokPri.
Yang saya suka di sini, sambil nunggu pesanan datang, kita akan dikasih sekeranjang kecil roti dan air putih, gratis. Oh iya, Braga Permai ini juga dari dulu terkenal dengan es krim dan rotinya. Dan, tiap hari, kalo gak salah, setelah jam 7 malam, kue dan rotinya didiskon 20% dan bahkan didiskon sampai 40% untuk jenis rote tertentu. Asyik kan?

Alamat: Jl. Braga No. 58, Bandung. Telp: 022-4233778
Buka: Tiap hari, jam 6.30-00.00
TOKO ROTI SUMBER HIDANGAN


Toko roti yang berdiri sejak tahun 1929 ini dikenal dengan kue-kue belanda tempo dulu dan aneka jenis roti seperti kretenbrood (roti kismis) termasuk roti tawar tanpa bahan pengawet serta es krim bercita rasa klasik. Harga kue dan rotinya cukup ekonomis berkisar antara Rp6000-Rp20.000,-





Cobain kue, roti dan es krimnya dine-in alias makan di tempat aja supaya bisa ngerasain juga sensasi dan suasana tempo dulu di dalam toko roti & es krim legendaris berarsitektur kolonial satu ini. Dan, yang unik di sini adalah para pekerjanya dari pramuniaga hingga kasir semuanya udah sepuh. Oh iya, jangan datang kemari pas hari Minggu ya karena oma-opa yang kerja pasti gak ada di tempat alias libur.

Alamat: Jl. Braga No. 20-22, Bandung. Telp: 022-4236638
Buka: Senin-Jumat & Minggu, jam 9.00-15.30

RUMAH MAKAN LINGGAJATI



Suka mie bakso? Musti mampir tempat satu ini. Rumah makan dengan bangunan sederhana yang berlokasi di Jl. Balong Gede No. 1 ini berdiri sejak tahun 1950 dan dikenal sebagai “sesepuhnya” mie yamien baso di kota Bandung. Es alpokatnya juga kesohor. Dari mulai ibu rumah tangga sampai Gubernur jadi pelanggan setia rumah makan yang membandrol seporsi yamien spesial-mie kering manis/asin bertaburkan ayam suwir dengan kuah terpisah berisikan baso, tahu, babat- seharga Rp60.000-an dan es alpokat seharga Rp30.000-an ini. Cukup mahal sih tapi porsinya mengenyangkan dan rasanya, juwaraaah.



Alamat: Jl. Balonggede No. 1, Bandung. Telp: 081321197718
Buka: Senin-Minggu, jam 8.30-19.00

WARUNG KOPI PURNAMA


DI tengah gempuran kedai kopi kekinian di berbagai sudut kota Bandung, ada satu kedai kopi jadul yang masih bertahan sampai sekarang. Kedai kopi yang sudah hadir di Bandung sejak 1930 ini awalnya bernama Chang Chong Se! (Silahkan Mencoba!) namun karena kebijakan pemerintah di tahun 1966 yang mengharuskan nama berbau tiongkok diganti ke bahasa Indonesia maka digantilah menjadi Warung Kopi Purnama. Kedai kopi ini didirikan oleh Yong A Thong yang berasal dari kota Medan dan hijrah ke Bandung dan dilanjutkan oleh para penerusnya yang saat ini telah memasuki generasi ke-3.



Kedai kopi ini jadi salah satu tempat ngopi favoritnya warga Bandung. Di pagi hari pasti rame banget. Menunya banyak pilihan dari mulai aneka roti bakar hingga nasi timbel komplit pun ada. Kopi dan roti selai sarikaya adalah menu andalannya. Tapi, cermat dalam memilih menu ya karena ada pilihan non halal.

Alamat: Jl. Alkateri No. 22, Bandung. Telp: 022-4201841
Buka: Senin-Sabtu jam 6.30-18.00, Minggu jam 6.30-15.00

KOPI AROMA


Toko Kopi Aroma udah berdiri sejak tahun 1930-an dan  dikenal dengan kopi terbaiknya. Almarhum kakek nenek saya termasuk pelanggan toko kopi ini. Gudang kopi, pabrik dan tokonya terletak di tengah kepungan toko-toko suku cadang kendaraan di Jalan Banceuy. Kawasan ini sejak jaman Belanda emang udah jadi kawasan bisnis dan pecinan.


Kopi Aroma Bandung bukan kopi biasa, loh. Setelah dibeli dan dibersihkan, sebelum mulai diolah biji kopi aroma disimpan paling gak selama 8 tahun untuk biji kopi Arabika dan 5 tahun untuk kopi robusta. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam, sehingga rasa kopi yang dihasilkan lebih murni. Dengan begitu, selain jadi lebih nikmat, kopi aroma ini dipercaya gak mengganggu kerja lambung. Saking populernya, pelanggan bisa sampai antri panjang untuk bisa dapatkan sebungkus kopi. Dan, yang pasti aroma kopinya sedap banget.

Alamat: Jl. Banceuy No. 51, Bandung. Telp: 022-4230473
Buka: Senin-Sabtu, jam 8.30-14.30

Sobat traveller, itu tadi wisata kuliner legendaris di kota bandung. Buat referensimu kalo pas lagi pelesiran ke Bandung jangan lupa mampir ya ke tempat wisata kuliner legendaris di atas. Sebetulnya masih banyak tempat wisata kuliner legendaris lainnya di Bandung. Mau tau apa aja? Just, stay tuned only on www.idfipancani.com


Bacaan Bikin Ngiler
ES Krim & Dessert Enak di Bandung
Restoran Sunda "Mewah", Enak & Ekonomis DI Bandung
Best Rooftop Restaurant In Bandung
Restoran Vegetarian Enak & Murah DI Bandung


#wisata #kuliner #food #travel #bandung

You Might Also Like

33 komentar

  1. Seneng baca ini. Obat kangen jalan-jalan. Semoga pandemi segera berlalu biar bisa langsung cusss ke Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan-jalannya virtual ajaaaah dulu haaha

      Hapus
  2. Langsung ngiler liat Pofercisssss hahaha..semoga bisa cus Bandung lah. Pas pandemi berlalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pofertjesnya enyaaaak bgt bgt ... musti nyobain

      Hapus
  3. Uhhh bikin laper aja nih malam malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh kalo laper mah makan ajaaah hihihi

      Hapus
  4. waduh waktu kuliah di Bandung 2 thn blm pernah ke sini euy..tapi sering denger nih kopi purnama legendaris banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaah ayo balik lagi ke bandung. datengin semua tempat2 legendarisnyaaaa

      Hapus
  5. nyesel banget mampir blog malam hari... hiks hiks.. sekarang perut'aku. .. kruuuuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan nyesel dong ... sekarang mah bayangin aja dulu, nanti setelah badai covid berlalu, cusssss ke Bandung hahah

      Hapus
  6. Mbak/Mas Aku bookmarked yah postingannya. Tempat makan ala aka vintage tapi mengiurkan menu dan suasananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahsyiaaaaaaaap ... klo pas ke Bandung mampir yaaaaa yaaak

      Hapus
  7. Udara Bandung yg sejuk/dingin memang bawaannya bikin pengen makan terus sih ya. Makanya wisata kuliner di Bandung selalu diminati. Apalagi kalo tempat kulinernya di bangunan2 lama, bikin sensasi tersendiri deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes wiskul bandung mah emang udah terkebal bikin ngiler. Setuju juga dgn sensai saat kulinernya udah mah enak juga tempatnya historik. Tapi, sayangnya Bandung sekarang udah ga sejuka apalagi dingin ... beda sama dulu. Sampe taun 90-an akhir masih mayan sejuk tuh udaranya. Setelah itu mah geraaaaaaaah.

      Hapus
  8. pernah main ke rumah temen dan disuguhi kopi.. enak banget kopinya.. dan si teman bilang itu kopi aroma.. woooo jadi nih kopi emang legend ya.. pantes enak.. masukin bucket list buat dibeli kalo nanti ke bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah cuuuuus dah ke aroma..Emang si aroma mah lejen abiiis

      Hapus
  9. terimakasih kak referensinya, nanti kalau ke bandung akan aku coba datangin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp dah ... ditunggu kabar2nya ya kalo ke bandung

      Hapus
  10. Jadi kangen sama mie Linggar Jati deh, itu aku kalau balik dari Bandung selalu beli roti dulu di Sumber hidangan karena wajib. Hahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah akhirnya ada yang familiar dengan mie linggarjati dan sumber hidangan :)

      Hapus
  11. Ini harus saya save, deh. Suka banget dengan kuliner legendaris begini. Di antara semuanya, saya baru cobain Braga Permai dan Kopi Aroma

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalo udah kondusip, cobain yang lain yaaaaa ...

      Hapus
  12. Makin panjang aja nih daftar tempat makan yang ingin aku kunjungi di Bandung. Jadi penasaran sama Kopi Aroma, seenak itukah kopinya? Soalnya aku sekeluarga penggemar kopi nih. Kira-kira ada yang jual online nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga tau dijual online apa gak. tapicoba aja dicek :)

      Hapus
  13. Duuhh jadi makin kangen Bandung nih..semoga wabah corona ini segera pergi, jadi bisa ke Bandung lagi dan kulineran lagi..mau nyicipin Arona Kopi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kudu coba aroma kopi ... semacam wajib fardu aih hehhee

      Hapus
  14. Bandu memang tak diragukan lagi deh kalau mau wisata kuliner. Banyak banget dan enak-enak ya mas Idfi hehe. Semoga pandemi segera berakhir, pengen main ke bandung hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa nanti ketika pandemi berakhir dan situasi sudah kembali kondusip langsung cuuuus ke bandung

      Hapus
  15. jadi kangen ke bandung kan.. hahah otw ah ke bandung... dket

    BalasHapus
    Balasan
    1. ati-ati band doel tar disuruh puter balik hehehe

      Hapus
  16. Kuliner Indonesia kaya raya, dari ujung ke ujung punya makanan khas. Jd bener2 ga abis abisnya eksplor kuliner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. indonesia gitu loooh negeri kayah rayaaaah ... banyak yang bisa dieksplor termasuk kuliernya

      Hapus
  17. Eh ya ampun baru baca tulisan kang idfi. Padahal 2018 lalu pertama kali ke bandung dan gtw sama sekali mau ke mana dan ngapain. Huhu coba dulu udah baca ulasan ini. Gak gabut kalo ke bandung. Pengen lagi ke bandung. Enak kayaknha nih mampir ke tempat kang idfi sambil jalan2 tempat legendarisnya bandung. Uwuwuwu pengwn ke toko roti dan warung kpi purnamanya.

    BalasHapus

Popular Posts

Follow by Email