Nasi Ulam Enak Di Jakarta Selatan, Nasi Ulam Kembang Goyang

02.09



Kalau mau makan Nasi Ulam enak di Jakarta Selatan, kemari aje!

Traveller modis baru aja makan enak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Tempat makannya bernama Kembang Goyang. Tempatnya gak seberapa luas tapi ginclong banget; rapih, bersih dan catnya putih banget. Sampe gak tega senderan ke dinding.









MENU

Menu utama sekaligus andalannya cuma dua jenis; Nasi Ulam dan Nasi Rames. Kembang Goyang emang cuma fokus dengan dua masakan yang jadi signature dish-nya itu, terutama Nasi Ulam yang khas Betawi. Awalnya saya mikir dikit banget menunya tapi setelah dipikir-pikir lagi tanpa proses merenung apalagi shalat istikharoh segala, mending dikit menunya tapi lezat rasanya. Lagian, biar gak kelamaan mikir milih makanannya. Suka kesian ngeliat pelayan yang ngeladenin pelanggan telmi kek gue. 

“Biar dikit menunya yang penting ngelestariin kuliner Betawi”, gitu kate Mpok Mira & Bang Ivan yang merupakan pemilik dari Nasi Ulam Kembang Goyang yang kebeneran emang orang Betawi. 








HARGA

Seporsi nasi ulam atau pun nasi rames dibandrol seharga 45 ribu rupiah. Untuk nasi ulam, kita bisa pilih satu jenis lauk nabati (perkedel, tempe bacem, kentang balado, dll) dan satu jenis protein hewani (empal, paru, ayam, dll). Sementara untuk nasi rames bisa pilih dua jenis sayur dan satu jenis daging.

Saya icip-icip nasi ulam, deh. Nasi dicampur berbagai bumbu dan rempah; daun kemangi, serundeng, kecambah, bumbu ulam. Lalu diaduk-aduk dan disajikan dengan lauk pauk; ayam, empal, paru, dll. Ada dua jenis nasi ulam Betawi; basah yang berasal dari Jakarta Utara dan kering yang jadi ciri khas di kawasan Jakarta Selatan. Nah, kebetulan yang dihidangkan di Kembang Goyang ini jenis yang kering.

RASA

Rasanya enak banget. Adukan nasi dengan bumbu dan rempah bikin nasinya kaya rasa. Keknya kalau orang Indonesia gak afdol makan tanpa kerupuk dan sambel. Bunyi kriyiuk kriyuk dari kerupuk itu seksi banget. Bikin ngiler. Nah, sambel terasinya yang pedes agak manis cocok banget sama nasi ulam. Pokonya ada manis, seger, gurih dan yang pasti nikmat.

Untuk lauknya, awalnya, saya pilih telor, tempe orek, dan daun papaya - Eh, btw, daun pepayanya gak berasa pahit, pinter neh yang masak - terus pas saya tengok di tempat hidangan ternyata ada ayam, paru, empal. Ya udin, hajaaaar semua!!! 

So, sobat traveller monggo mampir ke Kembang Goyang. Jangan lupa cicip-cicip keripik kembang goyangnya. Cuma tiga ribu perak. Minumannya bisa pilih kopi, es jeruk atau es timun serut aje. Makan nasi ulam dan ngopi dimari sambil ditemenin lagu-lagu betawi “Hei … Ujan Gerimis Aje …” rasanya nyonyos banget.

Nasi ulam Kembang Goyang paling enak seantero ibukota. Swear, ini nasi ulam paling enak yang pernah saya rasain, karena … saya belum pernah makan nasi ulam sebelumnya! #fallinginlopsamanasiulam



INFO PENTING

Parkiran         : mobil dan motor bisa parkir adem ayem gak pake berantem.
Toilet       : ada. Gak usah pake bayar-bayar kenclengan segala kek di terminal aje.           Jangan lupa cebok!
WIFI               : gaspoooool a.k.a cepet kakakkk!
Buka               : Senin – Sabtu jam 11.00 – 21.00, Minggu 8.00 – 18.00
Lokasi             : Selemparan upil dari Cilandak Town Square (CITOS).



Nasi Ulam Kembang Goyang
Jl. Cilandak Tengah Raya No. 26
Jakarta Selatan
Tel: 08180827559 & 021 27822986
IG: @nasiulamkembanggoyang

You Might Also Like

2 komentar

  1. Bikin ngiler nih. Saya suka kuliner2 khas indonesia. Rasanya enak2 semua hahaa

    BalasHapus
  2. Aku langsung fokus sama paru dan tumis daun pepaya hahaha

    BalasHapus

Popular Posts

Follow by Email