Nasi Ulam Enak Di Jakarta Selatan, Nasi Ulam Kembang Goyang

02.09



Kalau mau makan Nasi Ulam enak di Jakarta Selatan, kemari aje!

Traveller modis baru aja makan enak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Tempat makannya bernama Kembang Goyang. Tempatnya gak seberapa luas tapi ginclong banget; rapih, bersih dan catnya putih banget. Sampe gak tega senderan ke dinding.









MENU

Menu utama sekaligus andalannya cuma dua jenis; Nasi Ulam dan Nasi Rames. Kembang Goyang emang cuma fokus dengan dua masakan yang jadi signature dish-nya itu, terutama Nasi Ulam yang khas Betawi. Awalnya saya mikir dikit banget menunya tapi setelah dipikir-pikir lagi tanpa proses merenung apalagi shalat istikharoh segala, mending dikit menunya tapi lezat rasanya. Lagian, biar gak kelamaan mikir milih makanannya. Suka kesian ngeliat pelayan yang ngeladenin pelanggan telmi kek gue. 

“Biar dikit menunya yang penting ngelestariin kuliner Betawi”, gitu kate Mpok Mira & Bang Ivan yang merupakan pemilik dari Nasi Ulam Kembang Goyang yang kebeneran emang orang Betawi. 








HARGA

Seporsi nasi ulam atau pun nasi rames dibandrol seharga 45 ribu rupiah. Untuk nasi ulam, kita bisa pilih satu jenis lauk nabati (perkedel, tempe bacem, kentang balado, dll) dan satu jenis protein hewani (empal, paru, ayam, dll). Sementara untuk nasi rames bisa pilih dua jenis sayur dan satu jenis daging.

Saya icip-icip nasi ulam, deh. Nasi dicampur berbagai bumbu dan rempah; daun kemangi, serundeng, kecambah, bumbu ulam. Lalu diaduk-aduk dan disajikan dengan lauk pauk; ayam, empal, paru, dll. Ada dua jenis nasi ulam Betawi; basah yang berasal dari Jakarta Utara dan kering yang jadi ciri khas di kawasan Jakarta Selatan. Nah, kebetulan yang dihidangkan di Kembang Goyang ini jenis yang kering.

RASA

Rasanya enak banget. Adukan nasi dengan bumbu dan rempah bikin nasinya kaya rasa. Keknya kalau orang Indonesia gak afdol makan tanpa kerupuk dan sambel. Bunyi kriyiuk kriyuk dari kerupuk itu seksi banget. Bikin ngiler. Nah, sambel terasinya yang pedes agak manis cocok banget sama nasi ulam. Pokonya ada manis, seger, gurih dan yang pasti nikmat.

Untuk lauknya, awalnya, saya pilih telor, tempe orek, dan daun papaya - Eh, btw, daun pepayanya gak berasa pahit, pinter neh yang masak - terus pas saya tengok di tempat hidangan ternyata ada ayam, paru, empal. Ya udin, hajaaaar semua!!! 

So, sobat traveller monggo mampir ke Kembang Goyang. Jangan lupa cicip-cicip keripik kembang goyangnya. Cuma tiga ribu perak. Minumannya bisa pilih kopi, es jeruk atau es timun serut aje. Makan nasi ulam dan ngopi dimari sambil ditemenin lagu-lagu betawi “Hei … Ujan Gerimis Aje …” rasanya nyonyos banget.

Nasi ulam Kembang Goyang paling enak seantero ibukota. Swear, ini nasi ulam paling enak yang pernah saya rasain, karena … saya belum pernah makan nasi ulam sebelumnya! #fallinginlopsamanasiulam



INFO PENTING

Parkiran         : mobil dan motor bisa parkir adem ayem gak pake berantem.
Toilet       : ada. Gak usah pake bayar-bayar kenclengan segala kek di terminal aje.           Jangan lupa cebok!
WIFI               : gaspoooool a.k.a cepet kakakkk!
Buka               : Senin – Sabtu jam 11.00 – 21.00, Minggu 8.00 – 18.00
Lokasi             : Selemparan upil dari Cilandak Town Square (CITOS).



Nasi Ulam Kembang Goyang
Jl. Cilandak Tengah Raya No. 26
Jakarta Selatan
Tel: 08180827559 & 021 27822986
IG: @nasiulamkembanggoyang

You Might Also Like

28 komentar

  1. Bikin ngiler nih. Saya suka kuliner2 khas indonesia. Rasanya enak2 semua hahaa

    BalasHapus
  2. Aku langsung fokus sama paru dan tumis daun pepaya hahaha

    BalasHapus
  3. Nasi ulam my favorite! Suka banget sama nasi ulam karena gak terlalu berasa santan nasinya, lah kan bukan nasi uduk ya. hahahah trus ditambahin lauk pauk pedes makin nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh dulu gue pikir nasi ulam ya sama aje sama nasi uduk. Ternyata beda tooooh.

      Hapus
  4. Itu tempe-tahu baceeemm kan?
    Aduh aku encesss....

    BalasHapus
  5. Waaah, brb nyiapin waktu buat mampir ke mari~~

    BalasHapus
  6. Nasi ulam ini sama ulam bali deda ya? Dari namanya sih beda. Hehehe...
    Aku pernahnya makan nasi ulam bali. Dicoba pas jam makan siang endeus nih keknya.

    BalasHapus
  7. Asalkan rasanya emmang enak, saya mending ke tempat makan yang cuma punya pilihan menu sedikit begini. Gak bingung memilihnya :D

    BalasHapus
  8. Enak banget emang makan nasi ulam pake sambel mentah plus lalapan timun, yummy.

    BalasHapus
  9. Baru tau ada nasi ulam, kudu coba nih

    BalasHapus
  10. Dulu dekat kantorku ada penjual nasi ulam dan memang asli Betawi dia, enak banget. Sekarang ini nyari nasi ulam yang enak itu susah banget, eh baca artikel ini bikin pengen mampir nanti kapan ah kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak cari nasi ulam susah. Ada satu yh enak, selain yg di artikel ini, di kawasan glodok. Mangkalnya di depan vihara Toa se bio.

      Hapus
  11. Aduuh aku liat nasi ulam kek gini jadi pengen coba.. secara aku doyan bgt nasi ulam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pucuk dicinta, nasi ukam pun tiba yaaaa kakkk 😂

      Hapus
  12. Wow..porsinya banyak ya nasi ulam ini. Lauknya juga banyak banget. Kenyang ini mah. Harganya lumayan mahal. Tp pengen nyoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah ini mah aku aga lebih porsinya. karena kelaperan hahaha

      Hapus
  13. Baru tahu ada nama makanan namanya nasi ulam, padahal tinggal di jkt dari kecil. Wkwkw... kalau dilihat2 kayanya mah enak. Wajib di coba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pake ulam bukan pribahasa aja tapi juga makanan :)

      Hapus
  14. Tempatnya enaaaak kak. Layak coba.makasih loh info parkirnyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mba wawa, yuk, kita kebalan sama ownernya, siapa tau bisa ada kemitraan heheheh

      Hapus

Popular Posts

Follow by Email