Petualangan Ke Taman Nasional Komodo Ala Traveler Modis. Part 1: Boat Trip.

01.56


Kali ini traveler modis pengen berbagi pengalaman kisah petualangan ke salah satu pulau  cantik di timur Indonesia yang wajib dikunjungi yaitu Pulau Komodo. 


Sebenernya cerita ‘nengok’ dedek komodo ini adalah cerita lama di bulang Desember tahun 2010 dan udah pernah ditulis di blog lama idfipancani.wordpress.com tapi karena berhubung tempatnya recommended banget dan ceritanya seru, jadi saya tulis ulang dengan versi yang tentunya lebih enak dibaca. Apalagi kalau bacanya berdua sama kesayangan kamyuh. Adeuuuuh!

Trip ini sebenernya adalah kado ulang tahun dari sobat masa kecil yang emang baik banget orangnya. Sebutlah dia, Zam.  Alhamdulillah, rejeki anak soleh. Kebeneran waktu itu saya dapet tiket promo Garuda cuma 350 ribu perak untuk rute Lombok-Jakarta. Murah kaaan?! Akhirnya Kami bertiga; Zam, Jon, dan saya, mutusin gimana kalau ikut boat trip dengan tujuan utama pengen ngeliat komodo. Tiket pesawat dari Jakarta ngeteng aja; Jakarta-Denpasar lalu nginep dulu di Bali dua malam dilanjutin terbang Denpasar-Labuan Bajo.

∞∞∞∞

Salah satu rute yang ditempuh dalam boat trip ini adalah ke Pulau Rinca yang juga jadi salah satu pulau yang dihuni sang komodo selain pulau Komodo tentunya. Petualangan mengarungi lautan ini adalah petualangan paling seru untuk menutup tahun 2010.

Bisa ngalamin petualangan dengan tinggal selama tiga hari dua malam di kapal laut berkapasitas 30 orang penumpang ini exciting banget. Ada banyak operator yang nanganin trip ke Taman Nasional Komodo dan kami beli tour dari Perama Tour (www.peramatour.com). Ini dia rutenya:

Labuan Bajo – Pulau Rinca – Gili Laba – Pulau Moyo – Pulau Kramat – Lombok
Untuk tour boat trip ini ada dua tipe akomodasi yaitu kabin (satu kabin bisa utuk bertiga) biayanya Rp. 1,8 juta/orang dan deck yang ongkosnya Rp. 1,3 juta/orang. Kami pilih jenis kabin udah termasuk; service fullboard alias dapat sarapan, lunch dan dinner dan bagi penumpang cabin setiap hari dapat snack basket berisi Aqua, coca cola, bir dan camilan. Kami bertiga memilih tinggal di cabin.

Kabinnya sempit. Berukuran kurang lebih 1 x 1,9 m2 (kebayang yang tinggi badannya lebih dari 190 cm musti nekuk kaki) dengan satu kasur single jomblo sejati (karena bener-bener ga ada space buat orang ke-dua untuk nebeng rebahan) yang letaknya di atas dan kasur kedua ada di bawah yang cukup buat berdua tapi dengan posisi tegap sikap sempurna (kayak mau upacara bendera ajah). lalu jarak antara kasur bawah dan atas gak sampai 1 meter. Jon yang bodynya segede gaban sampe harus ngegelinding kalo mau keluar kasur!

Selain rute di atas ada juga rute alternatif:

Lombok – Gili Kondo (Perama island) – Satonda – Donggo – Komodo (Pink Beach) – Labuan Bajo (Deck: 2 juta, Cabin: 3 juta)

Ada juga rute Round trip dari Labuan Bajo hingga ke Lombok lalu kembali ke Labuan Bajo atau dari Lombok – Labuan Bajo – Lombok dengan harga: 3 juta (deck), 4 juta (kabin). Tapi inget, trip saya ini di tahun 2010 loh. Sekarang mungkin udah berubah harganya.

∞∞∞∞
Jam 5 sore kita semua kumpul di depan kantor Perama Tour lalu kami semua “diangkut” dengan mobil jemputan ke pelabuhan dan Ini dia yang ditunggu-tunggu, menginjakkan kaki di kapal Landsea Adventure milik Perama Tour yang jadi operator boattrip. Sesaat lagi petualangan akan segera dimulai. Yipiiiiii.

Ternyata kami gak langsung berlayar. Sore itu kami semua disambut oleh Tour Leader, kapten kapal dan para crew dalam sebuah jamuan welcome party bagi mereka yang akan berangkat boat trip sekaligus farewell party buat mereka yang sudah mengikuti trip dari Lombok. Sang tour leader didaulat jadi MC. Setelah kata sambutan dengan  bahasa Inggris yang sempurna dia  memperkenalkan para peserta trip satu persatu. Dari 26 penumpang yang akan ikut berlayar hanya ada 7 orang indonesia dan itupun menurut crew kapal jumlah 7 orang Indonesia yang ikut terbilang sangat banyak karena biasanya Cuma ada satu dua rang Indonesia itupun rata-rata berpasangan dengan bule. Pada kemana ya orang Indonesia nya? Apa boat trip ini kemahalan?


Dua diantara tujuh orang Indonesia yang ikut adalah peserta yang juga udah ikuti trip dari Lombok jadi mereka ambil paket roundtrip, yang satu mba-mba berjilbab bernama Eni dan teman sekantornya, Michael. Jeng Eni boleh dibilang mbak-mbak petualang yang asyik. Gayanya kalau lagi ngobrol sama bule-bule itu asyik bener; mimiknya serius dan kalo lawan bicara ketawa, dia ketawanya lebih kenceng lagi. Tapi setiap kali ngobrol kebanyakan jawab “Yes ... NO ... oooo ...heueuh”. Iseng saya tanya dia,

“Mbak sampeyan ngerti gak yang si bule omongin?”

“ORA”(Nggak). Gubrak.

Setelah proses perkenalan sambil makan malam, lalu acara disambung dengan opening dance tari poco-poco oleh para crew yang akhirnya “maksa” peserta trip untuk ikut nari. Beres poco-poco acara disambung dengan disco time. Ruang makan disulap jadi dance floor lengkap dengan house music dan kerlap-kerlip lampu disko. Beberapa bule tampak menikmati acara disko ini tapi ada juga yang mungkin gak biasa clubbing jadi keliatannya kek cacing kesetrum.

Acara makin “panas” setelah ada awak kapal yang nyekokin beberapa peserta dengan arak lokal. Weeekssss rasanya bikin perut eneq. Makin malam kami pun semakin akrab satu sama lain. Dan, biar makin akrab saya ikut main kartu dengan para crew. Sial saya kalah mulu. Yang kalah harus pasrah “diobrak-abrik” muka dan rambutnya sama jepitan baju.

Korban 'ospek' di kapal
Menjelang tengah malam pesta pun usai. Beberapa bule peserta boat trip rute Lombok – Labuan Bajo satu persatu ngucapin selamat tinggal untuk kembali ke hotel mereka masing-masing sementara peserta boat trip rute Labuan Bajo – Lombok, termasuk saya, satu persatu masuk ke kabin dan deck, di kapal yang masih tertambat di pelabuhan, untuk tidur dengan iringan buaian semilir angin laut.

-Tukang ubi makan ikan hiyu, tu bi kontinyu-




You Might Also Like

32 komentar

  1. waaah mupeng banget bisa dapet tiket murah Garuda 350K.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayah juga kalo dpt promo.murah lagi mau jalaaaaan hahahha

      Hapus
  2. aku belom pernah loh ke sini, pengen ah kapan2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru loooh ... kalo ada kesempatan ayooo lah disegerakan

      Hapus
  3. Wish List aku ke Taman Nasional Komodo, pernah ke NTT cuma ke Pulau Lembata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayah malah belum.pernah ke pulau lembata

      Hapus
  4. Serunya yaa, aku belompernqh ke bagian timur kak, insyaallah nunggu waktu dan kesempatan yang pas .

    Btw kirain ikan hiyu makannya ubi hahaaa..
    Salam kenal yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa ke pulau komodo aegera yaaaa. Salam kenal juga :)

      Hapus
  5. Seru banget ahdiah ulang tahun ke taman nasional Komodo, aih jadi pengen juga kesini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa gak nyangka dikasih kadonya jalan2 rejeko anak sholeh hahah sok saya doain bisa ke taman nasional komodo segera ya dirimu

      Hapus
  6. Coba dikasih liat juga camilan khas sana apa aja.
    Tukang ubi nggak jadi makan ikan hiyu, tambahin foto camilan khasnya yah Mbak yu, eh Mas yu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nantinlah saya kembali khusus untuk liputan kulinernya ...

      Hapus
  7. Keren banget pulau Komodo, saya blm pernah ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya doain dirimi bisa segera ke taman nasional komodo yaaaa aamin

      Hapus
  8. seru nih liburan ama bule
    aku juga pengen
    kalo ada bule prancis kenalin dunk, mas, hihihihi

    BalasHapus
  9. semoga suatu hari bisa kesini sama keluarga.. aminnn...

    BalasHapus
  10. aku bookmark ya kak, biar galupa. lumayan buat ke depan nanti, siapa tau ada rezeki.. hihi

    BalasHapus
  11. Pertama mahal, kedua mabok kakaaakkkk. Tmn aku yg sempwt ikut, cerita klo dia sampe gak nafsu makan krn klo melek bawaannya mual. Jd kudu dimeremin matanya.

    BalasHapus
  12. Hihihi seru deh travel modis ini. Pedenya mbak Eni yang ora ngerti omongan si bule. Juga serunya ospek di kapal. Hahaha, jepit baju pindah tuh...

    BalasHapus
  13. Seru banget sih jalan-jalan ke taman komodo, aku jadi pengen kesana juga

    BalasHapus
  14. Ini salah satu destinasi yang masuk wishlist aku. Kak Idfi kocak banget siih. Untung kalahnya nggak disuruh nyebur ke laut ya kak. Hihihi.

    BalasHapus
  15. Asyik... jalan-jalan menyenangkan nih...

    BalasHapus
  16. hahaha kocak... pengen juga ke komodo.. kemarin itu pengen bareng sama babang Vale... tapi si babang maah berangkat duluan :D

    BalasHapus
  17. Nah ini, masuk ke list saya dalam daftar tempat-tempat yang akan jadi destinasi saya dan istri nih... makasih loh informasi yang kerennya...

    BalasHapus
  18. seru banget ini, siapa tau tahun ini bisa kesana juga

    BalasHapus
  19. Kalau ngintip ke blog kak idfi benerrr dehhh sumpahhh aku ga kuatttt,,ga kuatttt pengen piknik wkwkw.

    BalasHapus
  20. Mau ajak anak tapi kok ada clubbing segala. Ga jadi deh, cari travel lain :D

    BalasHapus
  21. Ngepas bangettt dapet tiket murah 350rb ajaa.

    BalasHapus
  22. Wah gimana tuh mas rasanya tidur di atas kapal berhari-hari, pastinya seru ya

    BalasHapus
  23. Asyiiknya bisa naik kapal berhari2... penasaran apa tidak mual ya mas? naik ferry ke bakauheni aja eneg

    BalasHapus
  24. Waaaaah murah sekalii 350rebu Lombok - Jakarta.
    Ini destinasi paling heitz saaat ini, Labuan Bajo :))

    BalasHapus
  25. Tiket yang murah menentukan seberapa tinggi tingkat kebahagiaan! Hehe

    BalasHapus

Popular Posts

Follow by Email