5 Rumah Makan Padang Enak & Ekonomis Di Jakarta

21.27


Hei, sobat traveler penggemar masakan Padang. Kali ini Traveler Modis mau kasih rekomendasi lima Rumah Makan Padang di Jakarta yang masakannya enak, otentik, dan harganya enokomis.
Saat survey, saya coba berbagai jenis masakan Padang termasuk dendeng, ayam balado, sampe jengkol balado. Tapi fokus ‘liputan’ saya kali ini sama nasi dan satu menu signature masakan Padang yang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN di tahun 2011 (World’s 50 Most Delicious Foods) yaitu rendang. Harga nggak boleh lebih dari 25 ribu rupiah. Dan, rasanya harus enak. Minumnya cukup teh tawar hangat aja. Selain bisa menetralisir rasa spicy alias pedas, juga gratis.
Oh ya, harga makanan yang saya tampilkan adalah berdasarkan harga makanan di bulan Juli-Agustus. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.
Ini dia, lima RM (Rumah Makan) Padang enak & ekonomis di Jakarta versi Traveler Modis.

RM. Citra Bundo
RM Padang ini terletak berdekatan dengan Kantor Pos Cikini. Rumah makannya emang nggak terlalu besar. Maksimal buat 25-30 orang. Kalau jam makan siang selalu padet sama orang kantoran. Rendangnya maknyos dan agak pedes. Nasi rendang dibandrol 18 ribu perak aja. Nikmat dan ekonomis.





Buka: 08.00 – 22.00
Alamat:
Jl. Cikini Raya No. 7
Jakarta Pusat
Telp: 021 3983 5090, 3983 5091 

RM. Siang Malam Juanda
Hati-hati ketuker sama Restoran Padang Siang Malam yang juga sama-sama ada di seputaran Jl. Ir. H. Juanda. Yang itu tempatnya besar sementara RM masakan padang yang ini cocoknya disebut warung karena kecil dan berlokasi di seputar stasiun (kereta) Juanda, pas di sisi barat pintu keluar stasiun kereta Juanda. Biar kecil tapi fans fanatiknya banyak. Kalau jam makan siang, orang-orang harus sabar ngantri buat bisa nikmatin nasi ngepul dengan guyuran berbagai kuah dan bumbu lalu disantap dengan rendang, kikil atau lauk lainnya. Nom nom nom. Enyaaaak!
Nasi rendang: Rp 19.000. Rendangnya enak, kering dan pedes. By far, ini rendang favorit saya.






Alamat:
Jl. Ir. H. Juanda (Depan Stasiun Juanda) Jakarta Pusat
Telp: 0821 1163 9049

RM. Mak Ciak
Rumah Makan yang satu ini buka dari tahun 2015. RM satu ini adalah hasil kolaborasi paman (makciak) dan ponakan (Uda Iwan). Uda Iwan, lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung), adalah pecinta kuliner yang ingin melestarikan budaya kuliner tanah Minang. Uda Iwan sering ‘jaga warung’. Biasanya dia akan bantu ngeladenin sekaligus ngajak ngobrol pelanggang. Ramah banget orangnya. Sementara masakan yang nikmat adalah hasil racikan Mak Ciak yang juga sering ikut nimbrung bareng pelanggan. Dengerin pengalamannya Mak Ciak bertualangan ke berbagai belahan dunia sampai akhirnya jadi 'chef kepala' di Mak Ciak sambil melahap nasi rendang itu juwara sekali rasanya.
Salah seorang teman saya yang teman asingnya ketagihan masakan Mak Ciak ini lah yang rekomendasiin RM satu ini. Awalnya saya datang di siang hari buat makan Nasi aja. Tapi ternyata mereka buka dari pagi dengan menyediakan aneka sarapan khas Tanah Minang.
Seporsi bubur campiun (baca-kampiun) yang dibandrol seharga Rp15.000 dan pisang goreng (Rp3000) dengan ketan (Rp6000) jadi sarapan favorit saya. Buat yang nggak tau bubur kampiun itu apa, cobain deh. Bubur kampiun itu adalah campuran bubur ketan, sarikaya, lupis, kolak pisang, bubur kacang ijo semua jadi satu. Rasanya kampiun (juara) banget!
Berbagai hidangan dari mulai beberapa jenis ikan dengan lumuran cabe ijo atau cabe merah, ayam balado sampai rendang bisa jadi pilihan buat makan. Rasanya bener-bener nikmat. Ngeliatnya aja bikin ngiler. Semua masakan dibuat hari itu juga dan nggak ada kata tersisa untuk keesokan harinya. Bahkan kita bisa liat proses masaknya di dapur terbuka. Nasi +lauk+sayuran dibandrol rata-rata seharga 20 ribu perak.  Sementara untuk makan malam tersedia juga soto padang dan nasi goreng.




Alamat: Kalibata City, Tower Akasia Lt. Dasar Unit CL 20.
Telp: 085265018650
IG: @makciak
Buka: 24 jam
Tutup: Senin (2 X sebulan)

RM. Ibu Kacamata
Rumah makan yang berlokasi di Jl. Kramat Soka ini diberi nama Ibu Kacamata karena RM ini dimiliki oleh (alm) Ibu Marnis yang berkacamata. Selama lebih dari lima dekade Ibu Marnis setia melayani pelanggan. Awalnya RM Ibukacamata berjualan di jalan Kramat Raya sejak tahun 1963 tapi kemudian pindah ke Jl. Kramat Soka sejak taun 1986. Warung makan satu ini sangat popular di kalangan penggemar masakan minang. Terbukti kalau pas jam makan, pelanggan setianya berdatangan dari berbagai tempat di Jakarta. Sampe padet dan macet jalanan. Tapi, emang worth it banget makan kemari.
Rendangnya nikmat banget. Ada baby potato dan kacang merahnya. Saat makan kedua kalinya, saya tergoda buat icip-icip dendeng Batokok. Dendeng biasanya tipis dan keras tapi kalau dendeng batokok ini beda. Potongannya lumayan gede, segede telapak tangan anak akhir baligh dan daging sapinya juga cukup tebal. Lumuran bumbu cabe ijonya bikin dendeng ini rasanya maknyoos. Porsi makan disini lumayan banyak. Dijamin bisa gagal diet.
Nasi Rendang Rp 22.000,- Nasi+rendang+dendeng batokok Rp 40.000




Alamat:
Jl. Kramat Soka No. 2, Kramat Raya – Senen – Jakarta Pusat.
Tel: 087883703455

RM. Bopet Mini
Ini dia tempat nongkrong saya selepas lari pagi di CFD (Car Free Day) seputaran Jl. Sudirman. Biasanya bareng teman-teman, dengan badan masih lepek karena keringet, mampir kemari buat nikmatin Bubur Campiun (Rp18.000). Enak banget.
Bopet Mini buka dari taun 1983 di Pasar Bendungan Hilir (Benhil). Tapi sejak pasar Benhil direnovasi di tahun 2015 mereka pun pindah ke bangunan yang mereka tempati hingga sekarang. Ada dua lantai. Saya biasanya makan di lantai dua karena ada prasmanan dan ruangannya lebih lega.
Nasi rendangnya lumayan pedes sih kalo buat saya. Soalnya bibir sampe nyut-nyutan kepedesan (apa gegera sambel yak?). Harganya dibanding RM yang lain, paling mahal disini, Rp24.000,-
Menu lain yang disuka banyak orang ada tunjang, ayam rendang, sate padang, dll. Pilihan sarapan atau camilannya juga beragam; bubur kampiun, kolak pisang, serabi, lupis, dll.









Buka: Senen-Jumat: 7am-7pm, Sabtu-MInggu: 7am-6pm
Alamat:
Jl. Bendungan Hilir Raya No. 1A, Jakarta Pusat
Tel: 021-5713505


Akh, jadi laper nih. Kalau sobat taveler mau makan di RM. Padang yang mana?

You Might Also Like

58 komentar

  1. Balasan
    1. samaaaaa ... enak dan ekonomisssss :)

      Hapus
  2. Di bopet mini, saya suka lontong sayur trus minta tambahin kuah pical (bumbu kacang utk pecel sayur). Trus, sebelum pulang, biasanya bawain jajanan pasarnya. Jarang2 ada yg jual. Juwarak.... thx Idfi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda rintooooi waaa aku juga suka banget jajanan pasar di Bopet. Infact aku ke Bopet mini biasanya ya buat jajajanan pasar dan bubir kampiunnya doang ... makan besarnya mah sesekali ajah

      Hapus
  3. Yg di cikini. Favorit org kantor gw si para italiano itu menu favoritnya rendang. Gulai cincang, sayur nangka. Perkedel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh ini toh favoritnyo italaliano kantor lo ... tp emang enak sih. Pettiiih kpn2 kita hunting makanan bareng yuk? terus kita tulis deh di blog masing2 dgn gaya masing2 :)

      Hapus
    2. Ayuks lah atur, kan dirimu sibuk,aku ikut jadwal mu susah euy... Hehehehhe

      Hapus
    3. siaaaaap ... tar gur kabarin pas gue dah balik dari trip :)

      Hapus
  4. Pernah nyobain yg di Cikini itu. Emang enak dan rame banget pas jam lunch.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain juga yg lain2. Enyaaaaaaak :)

      Hapus
  5. Wah aku juga jadi lapar nih bacanya. Terimakasih infonya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali. Makasih udha mampir dan ninggalim jejak. Ayooo mari makan :)

      Hapus
  6. Padang mmg always menggoda. Suka go-food in Bopet Mini utk maksi di kantor :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti jodohnya orang padang yaaak? lol :)
      Sayah sukak bubur kampiunnya bopet mini ...

      Hapus
    2. pasti jodohnya orang padang yaaak? lol :)
      Sayah sukak bubur kampiunnya bopet mini ...

      Hapus
  7. kalo masakan padang, jadi inget kita pernah sharing ttg nasi padang di cikini itu, terus sebelum kongko kudu makan dulu nasi padang di ujung , biar kenyang:)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe iyee sebelum kongko makan nasi padang dulu, lalu kongko yg lama di kedai kopi sebelah bermodal minum air aqua atau teh doang hahahha

      Hapus
  8. Idfiii laparrrr..
    Tanggung jawab lo traktir gw dendeng balado dan paru goreng!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha ... eh ayok kpn mo ketemuan kite?

      Hapus
    2. hahahahha ... eh ayok kpn mo ketemuan kite?

      Hapus
  9. Aku paling suka nasi padang Surya, di Benhil. Mantap 👌👌

    BalasHapus
  10. RM. Siang Malam Juanda emang juara abis asli. Tapi emang yg di pinggir jalannya itu yg bikin ketipu buat yg belum paham hahah. Tapi rendang plus ayam bakarnya duh ya tuhan diet mah lewat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya suka ketuker sama Resto Siang Malam yg gede yaak. Nikmat lah makan disitu mah .. maunya nambah nambah dan nambah ampe kolesterolpun nambah (naek) haha

      Hapus
  11. Idfi templatenya baru yah? Apa perasaan aku aja yah.

    Yaolooo makanan padang semuaaa.. fav akuuuu..
    Salah satunya RM Citro Bundo ituu..
    Makanan fav aku di padang itu Gulai Otak.. beeeuhh heaven bangeet emaaang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. templet baru? gak kok. Msh lama. Btw, akunmah ga suka otak. hihi sukanya kikil :)

      Hapus
  12. Tambo cieeeekk!
    Kalau udah ga nemu makaman yang oke,.padang ujung2nya ya. Aku maaah paling doyan gule kekap Dan cumi nya itu. Oh ya ampunnn. Kemudian kolesterol Naik, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaakh tau gak, abis hunting dan survey makanan padang buat artikel ini, kokesterol gue merokeeeeet ... ampyuuuun!!

      Hapus
  13. biasanya aku makan di Sederhana tapi liat tulisan ini pengen nyobain semuanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhana itu mahal kakakkkk heheheh cobain deh yg ada di list ini. Enak dan ekonomis.

      Hapus
  14. sore2 liat ini jadi lapaaaar.... menarik banget...

    BalasHapus
  15. Ada rumah makan fav aku klo jam makan siang. Bopet mini. Juarak deh buat aku. Gak terlalu jauh dr kantor. Semua makanannya endeuuss. Habis makan berat, ditutup sama lupis atau bubur kampiun. Yummyyyy....

    Nah deket situ ada rumah makan enak juga mas. Rumah makan pagi sore. Klo kita biasa nyebutnya warung monyet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubur kampiun di bopet mini juwaraaaah. Eh pagi sore? di cipete?

      Hapus
  16. Jam setengah sebelas malem jadi kepengen makan padang. Ka idfi tanggung jawab! Hehe

    Aku jadi pnasaran sama bubur kampiun. Kayanya enakk 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bubur kampiun enaaaaak ... ayooo coba. Kabari kalo udah coba yaaa heheh

      Hapus
  17. Demi apaaaaa kak Idfi! Aku baca postingan ini menjelang tengah malam terus aku langsung lapeeeer. Kalau nggak eling pasti ini monitor komputer udah aku cemilin. Hahahaha. Fotonya menantang banget! (menantang nyali apakah aku bisa tahan nggak order go-food tengah malam).

    Well noted kak! Nanti pas ke Jakarta mau ah cobain satu-satu. Emm, ada tips nggak biar timbangan nggak naik setelah mampir ke semua rm padang ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha tengah malam tiba2 disuguhin hidangan gurih dgn karbo tingkat tinggi ... sok cobain laaah. Berkabar yaaa kalo udah coba.

      Hapus
  18. Nyam..nyam masakan Padang enak nian.Sedap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benaaar enak nian, sedap dan nikmaaaaaat.

      Hapus
  19. Ya ampun aku laper baca inu. Mana lagi di bus kedinginan. Duuh nas padang kesukaan. Harus nyobain deket Halim, ada yg enak dan murmer juga loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket halim? nama tempatnya apah?

      Hapus
  20. Saya kenal nasi padang waktu zaman jadi anak kos :D dan keterusan sampai sekarang, kalau malas masak nyuruh suami mampir wrung nasi padang langganan deh hihi
    Duh, itu menu rendangnya enak-enak banget. noted! kalau ke jakarta biar ak bingung cari warung nasi padang enak :D

    BalasHapus
  21. Hwaa... jd pengen makan nasi padang, noted ah buat wisata kuliner masakan padang.

    BalasHapus
  22. Namanya masakan Padang itu mengapa selalu enak ya? He... he... he... ini yang bisa buat urusan diet gagal total abis enak sih. Mau coba yang di Juanda ahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal diet beneeer ... dan kolesterol merokeeet hahahha tipsnya abis banyak makan padang, ngemil timun yg banyak. Tapi jangan terlalu banyak juga timunnya. Katenye tar becek LOL

      Hapus
  23. Aku tertarik sm yg Rm. Bopet Mini bnyak camilannya hhee
    Aku gk trlalu suka masakan Padang, kurang cocok sm lidah sundaku, lebih suka makanan Jawa atau yang agak manis2

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga org sunda. Cuma pemakan segala hahahha. Eh beneran cemilan di bopet mino enak2. Banyaj jajanan pasarnya.

      Hapus
  24. dari semua list, yang baru pernah dicoba RM Ibu Kacamata. Perlu diagendakan untuk nyobain semuanya segera!

    Tfs Idfi!

    BalasHapus
  25. waaa penting ini, penting!. Sebagai pecinta makanan Padang gw wajib banget nyobain, hihih.. 3 terbawah belum aku cobain tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaayoooo kalo bgitu segera dicobaaaa mbaaak zata :)

      Hapus
  26. Salah aku mampir kesini.. Malam2 gak bisa tidur malah terpesona sama masakan padang, cuma bisa nelan ludah.. Hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhhahhaha bersyukur masih bisa nelen ludah daripada gak bisa nelen apa2 samasekali hahahah

      Hapus
  27. Dulu pas di msh tinggal di Sby saya jarang makan makanan Padang. begitu tinggal di Jkt, eh warung padang dmn2, jd sering makan dan suka banget masakan Padang.
    Kalau mampir daerah2 sana nanti cari deh warung Padangnya hehe TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang di surabaya jarang warung padang yaaaak? banyakan warung rujak cingur kali yak? :)
      Iya mumpung di jkt, coba lah warung2 padang enak itu heheh

      Hapus

Popular Posts

Follow by Email