Tips Aman Dan Selamat Saat Traveling

06.44

Hasil gambar untuk aman saat traveling
Pic by articles.id
Selain harus selalu waspada dan penuh kehati-hatian, berikut ini tips aman dan selamat saat traveling ke mancanegara ala Traveler Modis.

Travel Insurance (Asuransi Perjalanan)
Bekali diri dengan travel insurance. Jadi sebelum pergi traveling, beli asuransi perjalanan. Bisa online kok. Dengan asuransi perjalanan ini, kalau ada apa-apa sama kita selama traveling, misal; sakit, kecelakaan, sampai kehilangan tas, bisa ada pergantian biaya loh. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

Koper/Ransel
Biasakan checked-in koper/ransel selalu dalam kondisi terkunci sebelum memulai penerbangan biar terhindar dari kejadian kehilangan atau seseorang ‘nyusupin’ sesuatu ke koper kita. Di kamar hotel/hostel pun, saat kita meninggalkan hotel untuk jalan-jalan, biasakan koper dalam kondisi terkunci.

Safe Deposit Box
Demi keamanan, barang berharga titip/masukin ke safe deposit box saat keluar hotel. Tapi jangan lupa diambil sebelum check-out.

Fotokopi Dokumen
Selalu punya fotokopi dokumen perjalanan: paspor, visa, tiket pesawat, bukti konfrimasi hotel, dll. Juga selalu bawa pasfoto berlatar warna putih ukuran 4x6 sebanyak dua lembar. Tempatkan semua terpisah dari paspor asli. Kalau sempet scan atau foto pake smartphone lalu masukin ke email pribadi. Berguna banget kalau paspor atau semua barang kita ilang atau nyelip antah berantah saat traveling.

Kalo Hilang Paspor
Langsung lapor ke KBRI atau KJRI (Konsulat Jendral Republik Indonesia), bawa fotokopi paspor, fotokopi visa (kalau ke negara bervisa) dan pasfoto. Minta KBRI untuk tunjukan kantor polisi terdekat untuk lapor dan minta surat keterangan kehilangan. Kalau sebelum ke KBRI bisa nemu kantor polisi, ya monggo silahkan laporan ke kantor polisi dulu. Berdasarkan pengalaman, nyari kantor polisi dan tempat foto itu nggak gampang. Pokoknya nanti KBRI/KJRI akan ngasih SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) sebagai pengganti paspor yang hilang. Karena SPLP ini adalah paspor sementara, maka, ketika kita kembali ke Indonesia segera ke kantor imigrasi untuk bikin paspor baru.

Aktifkan Roaming Internasional
Sebelum berangkat, terutama ke luar negeri, pastikan hubungin provider telpon selular untuk mengaktifkan roaming internasional. Biasanya kalo udah aktif, pas tiba di negara tujuan, kita akan terima sms informasi alamat dan kontak KBRI di negara tujuan. Sms itu jangan dihapus. Berguna banget kalau ada apa-apa selama traveling. Kecuali kalau keabisan duit. Emangnya KBRI babe lo?

Cara Bawa Tas
Kalo bawa tas punggung atau tas selendang, posisinya jangan di belakang badan tapi di depan. Karena tas yang ‘menclok’ di belakang punggung atau bokong itu adalah milik bersama. Itu prinsip pencopet.

Dompet
Hei cowok! Pede ajah dengan pantat tepos mu. Jangan sok-sok diganjel dompet. Nyimpen dompet di saku celana pantatmu sama aja dengan ‘nyumbangin’ dompetnya buat dicopet. Mending disumbangin ke panti asuhan aja.

Simpan Uang
Pegang prinsip “jangan simpen telor dalam satu keranjang”. Lebih baik jangan nyimpen dompet, paspor, uang tunai di dalam satu tempat. Dipencar-pencar. Soalnya kalau disimpen dalam satu tempat dan ternyata disabet copet, semua ilang dong. Repot urusannya.

Cara Bayar Belanja
Simpen juga dong uang tunai di saku celana/baju secukupnya. Jadi, saat bayar barang di tempat perbelanjaan apalagi di pinggir jalan, nggak perlu ngeluarin dompet apalagi keliatan banget uang cash-nya banyak. Nunjukin banget situ horang kayah! Yang kek begini nih yang ngundang perhatian dan jadi inceran copet. Kalau bawa uang tunai kebanyakan bisa beresiko maka kartu kredit bisa jadi alternatifnya.

Jaga Barang Bawaan
Saat lagi asyik berfoto, jangan lupa sama barang bawaan. Jangan maen simpen begitu aja apalagi di objek wisata yang ramai. Juga, jangan dibiasain ninggalin barang tanpa pengawasan dimana pun kapan pun. Terutama lagi makan di restoran mau itu saat sarapan di hotel berbintang lima sekalipun. Kebiasaan orang Indonesia, kalo pas lagi ambil sarapan meja buffet breakfast room  hotel, tas, dompet, hp, digeletakin gitu aja di meja makan. Berasa di rumah sendiri.

Cuekin Scam
Kalau ada orang yang sok sok ngasih bunga, makanan burung, gelang persahabatan, minta isi survey ini itu, jangan diwaro. Scam berujung ‘malak’ itu.

Fokus
Dilarang planga-plongo dan bengong di tengah keramaian. Bukan kenapa-kenapa. Soalnya yang kayak begini nih selain gampang kesambit setan juga jadi sasaran empuk orang yang udah tergoda setan, ya, pencopet, penjambret, perampok, sampai pemerkosa. Hiyyyyy!

Jangan Dandan Lebay
Nggak usah lah dandan menor-menor apalagi dengan perhiasan berlebihan. Lagian mo traveling apa mo dangdutan keliling? Mending kalau dikecengin sejenis Ronaldo atau Chico Jericho yang mau ‘nyopet’ hatimu, nah ini dikecengin maling pencopet dompetmu.

That is it! TTDJ & Bon Voyage!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Dandan dikit boleh donk kaka.. biar ciamik di foto IG.

    *berasa selebgram*
    Wkwkwkwk

    BalasHapus

Popular Posts

Follow by Email