The Power Of Souvenir

01.18

        
Magnet kulkas. Suvenir favoritnya traveler. (Dok.Pribadi)
“Jangan lupa bawa oleh-oleh ya”

Indonesia banget kan? Tapi emang itu dia kalimat yang sering kita denger kalau ada siapapun yang akan pergi traveling, apalagi ke luar negeri; oleh-oleh!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), oleh-oleh berarti ‘buah tangan atau sesuatu yang dibawa dari bepergian’. Oleh-oleh itu bisa berupa makanan, minuman hingga suvenir. Nah, di artikel ini saya ingin ngebahas oleh-oleh berupa souvenir.

Suvenir, menurut KBBI, berarti ‘tanda mata; kenang-kenangan; cenderamata’. Buat kebanyakan orang, suvenir atau oleh-oleh keknya sama aja. Yang penting ada yang dibawa sebagai kenang-kenangan saat kembali ke rumah setelah bepergian jauh. Tul nggak?

Sepertinya banyak yang berpikir kalau suvenir itu hanya sebatas cenderamata doang dari tempat yang pernah dijelajahi. Tapi kalau dicermati lebih dalam lagi, suvenir punya arti lebih dari sekedar cenderamata, loh.

Sebagai Sumber Inspirasi
Sering kali tanpa kita sadari suvenir dari kita itu bisa menginspiasi sesorang untuk bisa traveling ke tempat oleh-oleh itu berasal.

‘Perpanjangan’ Rejeki
Orang Indonesia termasuk jenis manusia yang kalau jalan-jalan kemanapun selalu bawa suvenir yang banyak. Meskipun sering kali nguras dompet tapi percaya atau enggak rejekinya nggak pernah berhenti. Inget pepatah “Semakin banyak memberi, semakin banyak dapet rezeki”.

Media tali silaturahmi
Pemberian cendera mata buat seseorang bisa bikin tali silaturahmi tambah erat loh.

Media promosi pariwisata
Negara-negara yang industri pariwisatanya maju, biasanya punya aneka jenis souvenir menarik. turis pun tertarik bawa pulang. Saat di bawa ke kampung halaman, orang kampung halaman pun jadi tau ada tempat kece dari souvenir kece tersebut.

Sumber kenangan
Souvenir yang kita beli, kelak bisa bikin imajinasi kita kembali ‘terbang’ ke tempat dan momen traveling dengan segala kesan dan keseruannya.

Untuk Meluluhkan Hati
Guru, dosen, bos, temen, klien se-killer, segahar, segalak, sesadis apapun kalau udah dapet 'suvenir' mah bisa luluh. Apalagi pacar. Eaaaaaa! Coba deh buat traveler yang lagi pedekate-an, rajin-rajin bawa suvenir dari berbagai tempat yang dikunjungin, donggg! Gak perlu mahal-mahal. Cuma buat buktiin kalau kamu perhatian dan selalu inget dia doang, kok. Siapa tau dianya 'kepatil' dan berjodoh deh! Ihiiiiiy!

Bahkan kawinan ajah ada suvenir segala. See, powerful banget kan souvenir itoooh!

Nah, sekarang coba perhatiin di rumahmu. Lebih banyak suvenir dari Indonesia atau dari luar negeri kah yang menghiasi kulkas, lemari, dinding, atau meja? Terus, yang ngegantung di kunci, gantungan kunci dari luar negeri atau dari Indonesia? Atau, coba cek koleksi tumblr starbuck-nya dari mana aja? Banyakan dari luar negeri, kan? Hayooo ngaku?!

Saya pernah iseng nanya ke beberapa orang tentang jarangnya souvenir dari dalam negeri yang dipajang. Alasannya sama.

“Oleh-oleh di Indonesia? Nggggg … makanan!”

Iya, ya, kalau dipikir-pikir kebanyakan orang Indonesia pas jalan-jalan di dalam negeri, oleh-oleh favoritnya ya makanan. Pulang dari Bandung bawa pisang molen, kembali dari Palembang bawa pempek, abis jalan-jalan dari Medan bawa bika ambon, selesai traveling ke Lampung bawa kemplang, balik dari Surabaya bawa Sambel, dll.

“Suvenir di Indonesia? Nggak bagus!”

Oh gitu ya, ternyata banyak yang nganggap souvenir di destinasi wisata di Indonesia nggak bagus lah, nggak variatif lah, nggak keceh lah. Mungkin yang dimaksud adalah suvenir-suvenir kecil-kecil yang gampang ditenteng dan nggak repot masuk tas atau bagasi seperti gantungan kunci, tempelan kulkas dan sejenisnya. Padahal Indonesia punya souvenir yang terkenal bagus kulaitasnya loh seperti emas, perak. Tapi, ya gitu deh, nggak semua orang mau beli emas,perak, atau patung, ukiran, lukisan, apalagi furniture.

Okeh, kalau alasannya nggak variatif atau nggak kece, mungkin itu dulu. Kalau sekarang udah banyak kok souvenir-suvenir kece, kreatif, inovatif dan berkualitas. Nggak kalah sama souvenir dari luar negeri, loh.

Goesar Tourist Souvenir

Dok. Pribadi
Foto di atas bukan brosur loh, bukan juga buku panduan pariwisata tapi sebuah suvenir!

Iya, souvenir! Souvenir kece dari Goesar Tourist Souvenir (selanjutnya disingkat GTS). Total adda 24 jenis souvenir yang udah dibuat dari gantungan kunci, magnet kulkas, asbak, tumbler sampai perhiasan pun ada. Harga dibandrol dari mulai Rp.30.000 sampai Rp. 1.500.000. Nah, penampakan ‘panduan wisata’ (gambar di atas) sebenernya adalah bagian dari kemasan suvenir gantungan kunci atau magnet kulkas. kalau kita balik kemasannya, voila, akan nampak semacam penjelasan singkat tentang daerah tujuan wisata dan rekomendasi  tempat yang bisa dikunjungi. Sukakkkk! Bermanfaat banget loh ini. Terutama buat tipe traveler yang traveling suka improvisasi dan tanpa tujuan pasti.

Terus terang, betahun-tahun traveling ke berbagai negara dan berburu oleh-oleh, belum pernah tuh nemu kemasan gantungan kunci atau magnet kulkas lengkap dengan ‘panduan wisata’-nya. Inovatif dan kreatif banget kan?

Saya baru tau tentang suvenir-suvenir ini hari Minggu (28/05/17) lalu saat datang ke acara Launching GTS di Restoran Rarampa, Jl. Mahakam, Jakarta Selatan.

Ragam suvenir dari Goesar Tourist Souvenir. Dok. Pribadi
Jadi, GTS ini terinspirasi dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau besar maupun kecil membentang dari ujung Sabang sampai Merauke, banyak suku bangsa, kaya akan ragam budaya, bahasa, hingga peninggalan bersejarah. Dengan inspirasi itu lah mereka bikin ragam suvenir yang menggambarkan kekayaan tiap daerah ke dalam desainnya.

Pemerintah kan punya program yang mencanangkan kebangkitan pariwisata Indonesia dengan menetapkan 10 tujuan wisata unggulan Indonesia; Danau Toba, Belitung, Wakatobi, Labuan Bajo, Menado, Toraja, Mandalika, Raja Ampat, Kepualuan Seribu, dan Borobudur. Nah, dengan ngembangin produk suvenir yang unik, berkelas, kreatif ini GTS ingin ikut berpartisipasi, berperan proaktif dan jadi bagian dari usaha mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah tujuan wisata, terutama di tujuan wisata unggulan ini.  

10 tujuan wissata unggulan Indonesia
Traveling tanpa oleh-oleh itu ibarat sayur tanpa garam. Jadi kalau kita traveling ke 10 tujuan wisata unggulan Indonesia atau tujuan wisata lainnya dan pulang dari sana bisa bawa oleh-oleh kece, kan asyik tuh.

So, suvenir-suvenir ini recommended banget buat siapapun, terutama:
  • Teman-teman tour guide (pramuwisata) yang sering mandu tamu asing. Ajak tamunya dong buat mampir. Kan kalau mereka borong suvenirnya terus pas turisnya pulang ke negaranya, suvenirnya dibagi-bagiin ke sodara, temen, network-nya inshaallah nantinya bisa makin nambah turis yang datang kemari. Makin banyak turis yang traveling ke Indonesia kan makin banyak kerjaan dan rejeki buat tour guide-nya. Hehehe.
  • Temen-temen pelajar yang suka ikut misi kebudayaan atau pertukaran pelajar. Tuh souvenirnya bisa jadi kenang-kenangan buat host family, guru, atau temen-temen. Biar mereka inget sama Indonesia dan terutama sama kamu.
  • Buat traveler yang sering betualang siapa tau souvenir ini bisa jadi ‘media’ cari temen dan dapet tebengan.
  • Buat para tour leader Indonesia yang sering bepergian ke luar negeri. Suvenirnya bisa buat ‘nyogok’ sopir bus tour-nya. Biar nggak rese. Hahaha.
  • Buat para atlet yang sering tanding di berbagai pelosok nusantara dan di mancanegara. Sesama atlit kan seneng banget tukeran kenang-kenangan. Bawa suvenirnya dan bagi-bagiin. Biar bukan cuma prestasimu yang dikenang tapi juga kebaikanmu.
  • Buat kita semua. Yuk, cintailah produk-produk Indonesia! Dan, mari kita dukung pariwisata Indonesia! Ihiiiiiy!

Nah, buat traveler yang mau tau lebih banyak tentang produk GTS, sekarang udah bisa  dapetin produknya di tempat-tempat berikut:

ü  Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tersebar di 15 anjungan.
ü  Di beberapa toko souvenir di daerah wisata di Sumatera Utara dan Belitung.
ü  Di hotel gallery. Salah satunya ada di Hotel Harris.
ü  Di Bandara.

Ke depannya akan lebih banyak lagi tempat baik tujuan wisata, hotel, hingga bandara di Indonesia dimana kita bisa dapetin produk souvenir GTS ini. Dan, buat yang kepo seperti gimana produk dan gimana cara lain untuk dapetin souvenir GTS ini, bisa online kok di www.touristsouvenirindonesia.co.id

Salut buat Goesar Touris Souvenir yang udah memproduksi suvenir yang nggak cuma kreatif, inovatif, beragam tapi juga berkualitas. Nggak kalah loh dari suvenir dari mancanegara. Cuma satu suvenir yang dikoleksi oleh banyak turis dan traveler yang nggak saya temui di GTS ini yaitu SNOWBALL. Bikin ‘bola salju’-nya dong? Pleaaase?!

Kebayang snowball komodo (Dok. Pribadi)


PT. Goesar Trading Persada
Goesar World, Jalan Janur 2, Blok CH3, Pondok Kelapa
Jakarta Timur
Telp: +62 21 22844171
Facebook: Tourist Souvenir Indonesia
Twitter: @touristsouvenir
Instagram: @touristsouvenirindonesia

You Might Also Like

21 komentar

  1. aku bahkan punya lemari khusus untuk memajang segala macam souvenir yang dipunya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu biar terorganisir dan ga ilang2an. Enak diliat juga kan kalo ditempatin disatu kemari :)

      Hapus
  2. Akhirnyaaa Indonesia punya juga souvenir kece macam di luar negeri 😍😍😍 yg pasti ada nilai edukasi dan budayanya. Ga cuma sekedar makanan yg habis skali telan 😁😁😁

    BalasHapus
  3. aku pun tipe yang seneng ngumpulin suvenir dan nagih suvenir, hehehe.. eh, tapi juga sering bagi2 suvenir doongg.. Btw, keren2 ya suvenir Goesar ini, gak malu2in buat dibawa pulang dan dibagi2 ke sodara dan temen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo begitu boleh nggak tar abis lebaran aku berharap dibagi suvenir dari kampung halamanmu mbak? #ngelunjak hihihihihihi

      Hapus
  4. Like this ! Judulnya. Enak diliat enak di sandang nih produk kita ya. Iya aku suka gitu klo beli/dapat oleh2 lebihan aku bagi lagi ke teman2 buat jalin silahturahmi. Aku selalu amazing yang sampai ada tempat khisus buat oleh2. Artinya cerita itu akan selalu ada dan sebagai bentuk apresiasi juga akan produk satu daerah dalam/luar

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup setujuuuuu! #ceritaakanselaluada #apresiasiprodukdaerah
      makasih yaaa udah mampir dna ninggalin jejak :)

      Hapus
  5. Liat pernak-pernik itu seringnya lapar mata, tapi ya mau gimana lagi, eh tapi saya seneng kumpulin kartu pos, di tempat tersebut tersedia juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kartu pos keknya ga ada tuh ... :)

      Hapus
  6. Oia ya bener. Indonesia belum ada oleh2 yg bisa dipake jangka lama. Ehtapi ada deng. Jogja ada batik, dagadu, solo juga ada batik dan perlengkapan masak dr batok kelapa, di cirebon ada batik trusmi juga, jakarta ada mini monas gitu yg dijual disekitar wisata kota jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sebenernya suvenir dari indonesia cuma yg pernak pernik (yg kecil-kecil) yg justru standard bgt kek gantungan kunci, magnet kulkas aga jarang yg kece :)

      Hapus
  7. Souvenirnya bagus-bagus ya

    BalasHapus
  8. Wah kece-kece ya mas Suvenirnya.
    Aku salah satu orang yang gak bisa pulang kalau gak bawa suvenir ketika jalan2 haha.

    Rasanya sayang banget kalau udah traveling jauh2 trus ga bawa oleh2 gitu. Setuju deh kayak sayur tanpa haram wkwk

    BalasHapus
  9. Bener ka, aku prihatin kadang kalo ke tempat wisata nemuin souvenir misal gantungan kunci yg kaitannya tuh keliatan ga berkelas gitu.

    Aku suka kolekasi magnet kulkas. Mudah2an disini ada khas indonesia tp jangan smp ratusan ribu harganya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga suka magnet kulkas. dan yg aku temuin di event kmrn itu harganya 30rb. untuk ukuran indonesia sih cukup pricey tp worthed kok :)

      Hapus
  10. Luluuuuh . . . itu sang Dosen gahar wkwkwk kalo harga suvenirnya 30 rebu magh ngga bakalan Kang.

    Kalo yang ratusan maybe luluuuuh . . . . . . keren pisan ini artikel. Bunda share yaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bun .... itu saya berdasarkan pengalaman sayah. Si "galak" saya kasih tempelan kulkas murmer tp kece sebiji aja girang. karena dia kebetulan koleksi magney kulkas :)
      monggo silahkan di-share. Makasih Bun udah mampir+komen+share :)
      enjoy Ramadan

      Hapus

Popular Posts

Follow by Email