Delapan Kota Dunia Yang Bisa Bikin 'Nangis" Turis Indonesia Pembenci Jalan Kaki. Part 2.

03.42

Setelah di part 1 saya ajak traveler ke beberapa kota cantik seperti Salzburg, Ney York City, Roma, dan Praha, saatnya saya melanjutkan perjalanan dan ajak traveler ‘traveling’ ke empat kota lainnya yang nggak kalah cantik. Ini dia “Delapan Kota Di Dunia Yang Bisa Bikin Nangis Turis Indonesia Pembenci Jalan Kaki Part 2. Cekidot!

4. Athena
Salah satu kota tertua di dunia yang berusia 3400 tahun ini punya banyak tempat-tempat kece buat diekplorasi. Apalagi buat yang suka dengan arkeologi, sejarah dan cerita mitologi dewa-dewi. Salah satu tujuan yang wajib kunjung adalah Acropolis ~ reruntuhan kota di atas bukit setinggi 150 meter di atas permukaan laut, dengan Parthenon ~ kuil yang dibangun pada abad ke-5 SM ini didedikasikan untuk Dewi Athena, yang jadi icon dari kota Athena. Untuk menuju Acropolis kita harus jalan kaki ditambah lagi harus naik sekitar 150 anak tangga.

Hasil gambar untuk acropolis
Acropolis, Athena. Sumber: travelmoodz.com
           
Turun dari Acropolis biasanya turis langsung diajak jalan kaki ke Plaka, sebuah area pemukiman bersejarah sekaligus pusat perbelanjaan souvenir, restoran, café yang dibangun di area pemukiman kuno Athena yang lokasinya ada di kaki bukit Acropolis. Bus biasanya akan nunggu di dekat Arc of Adrian.
            Jalan kaki di seputar Acropolis – Plaka sampai ke area parkiran bus ini kira-kira sekitar 2 km-an lah. Bisa lah.
            Eh, tapi kalau ke Yunani cuma ke Athena aja keknya kurang seru. Yakin nggak mau ke Santorini? Pulau romantis ini punya dua tempat yang kece banget untuk dikunjungi ~ Fira dan Oia. Fira adalah ibukota Santorini. Sementara Oia adalah sebuah kota kecil yang panjangnya cuma 2 km. Kedua punya  ciri khas yaitu bangunan-bangunannya~pemukiman imut, café, restoran, hotel~yang berwarna putih kontras dengan kubah-kubah berwarna biru. Kedua kota berjarak 11 km ini terletak di kaldera di ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut. Posisi geografis dan keunikan bangunannya bikin Fira dan Oia terlihat cantik dari berbagai sudut. Dan pemandangan sunset atau matahari terbenamnya luar biasa cantik.

Hasil gambar untuk oia village santorini
Oia Village, Santorini. Sumber: amazing-santorini.rezdy.com
            The best way untuk mengekplorasi Fira dan Oia tentunya dengan jalan kaki dong. Nggak terlalu besar kok kotanya. Paling jauh kita jalan 1-2 km-an. Di Fira bahkan kita bisa naik keledai dari pelabuhan mendaki menuju kota Fira. Kalau ‘geli’ naek keledai, don’t warry be happy, ada cable car kok. Mau jalan kaki? boleh! Aku sih ogah. Gempoooooor kakak!

3. Beijing
Destinasi di Beijing, RRC, yang paling menantang buat turis adalah Tiananmen Square dan Forbidden City. Tiananmen Square adalah salah satu lapangan kota terbesar di dunia. Panjangnya dari utara ke selatan membentang sepanjang 880 meter. Biasanya di lapangan ini jadi salah satu spot terbaik berfoto para wisatawan dengan latar Forbidden City, istana kerajaan Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1912).

Hasil gambar untuk tiananmen square
Tiananmen Square, Beijing. Sumber: chinatouronline.com
            Setelah jalan kaki menelusuri Lapangan Tiananmen, perjalanan dilanjutkan dengan memasuki Forbidden City yang luasnya sekitar 720.000 meter persegi, membentang sepanjang 961 meter, memiliki 800 bangunan dan lebih dari 8.000 ruangan. Gedeee banget! Kalau mau mengekplor semua ruangan, nggak cukup seharian. Biasanya kalau turis Indonesia jalan lurus, lurus dan lurus yang penting foto-foto dan biar cepet ketemu toilet.

Hasil gambar untuk forbidden city
Forbidden City, Beijing. Sumber: desertmoroccoadventure.com

Setelah keluar dari Forbidden City, ketemu bus, deh. Eits, ke tempat busnya juga harus jalan kaki sekitar 500 meteran. Jadi diitung-itung total jalan kakinya sekitar 2,3 km. Lumayan, nggak terlalu jauh, kan?
Nah, kalau mau yang lebih menantang lagi, silahkan jalan menelusuri The Great Wall of China, salah satu keajaiban dunia, yang panjangnya 8.851 km. Sanggup?

Hasil gambar untuk great wall of china
Great Wall of China. Sumber: airpano.com
2. Granada
Granada adalah kota di selatan Spanyol yang menjadi rumah dari salah satu benteng, istana termegah di Eropa, perpustakaan terlengkap, taman tercantik dan sekaligus warisan dan simbol puncak kejayaan sejarah Islam di Andalusia, Al-hambra. Situs peninggalan warisan budaya dunia UNESCO ini luar biasa indahnya.
            Dinamakan Istana Alhambra-yang berarti Istana Merah-karena bangunan ini banyak dihiasi ubin dan batu-bata berwarna merah. Istana Alhambra yang bernilai seni arsitektur tinggi ini juga meperlihatkan peradaban tinggi umat islam tempo dulu.

Patio de Arrayanes, Al Hambra. Sumber: pribadi
Ada empat zona utama di komplek Alhambra yaitu istana, zona militer ~ Alcazaba, kota Medina, dan Villa Generalife. Istana Nasrid (Palazios Nazaries) adalah satu-satunya tempat yang ada waktu kunjungannya disesuaikan dengan jam reservasi. Jadi jangan sampai telat dateng. Paling telat 30 menit sebelum waktu yang tertera di reservasi untuk ketemu dengan official guide-nya. Karena untuk menuju Istana Nasrid harus jalan kaki dan melalui beberapa kali cek tiket.

Kolam di Istana "El Partal" Al Hambra. Sumber: Pribadi
Alhambra yang dibangun di abad ke-13 ini luasnya 100.000m², bentengnya membentang sepanjang 2000m, terdapat 29 menara dan 7 gerbang. Alhambra adalah sebuah kota di dalam kota (Granada). Jadi, untuk menikmati keindahan Alhambra para pengunjung harus jalan kaki kurang lebih 3,5 km dalam waktu minimal 2,5 jam (tergantung seberapa narsis, seberapa beser dan seberapa cepet jalan kakimu). Dijamin nggak akan nyesel kemari!

Gambar terkait
Al Hambra. Sumber: easyvoyage.com


1.  Mekkah
Ini dia juaranya! Mekkah bukan sekedar tujuan wisata biasa. Tapi, juga sekaligus kota suci bagi umat islam untuk menunaikan ibadah umrah dan haji. Saya pribadi baru bisa menjalankan ibadah umroh.
            Dan, nggak tau kenapa selalu merinding dan pengen ‘mewek’ tiap ‘bertemu’ kabah.
            Salah satu ritual umrah dan haji adalah tawaf mengelilingi kabah sebanyak tujuh putaran. Satu putaran berjarak antara 200 meter hingga 1 km tergantung posisi/lokasi tawaf berarti tujuh putaran sama dengan jarak tempuh 1,4 km hingga 7 km.
            Tawaf nggak cuma dilakukan sekali loh. Ada tawaf Qudum~tawaf “selamat datang” yang dilakukan ketika baru sampai di Mekah. Lalu ada Tawaf Wada’~tawaf “selamat tinggal” yang dilakukan sebelum meninggalkan kota Mekkah sebagai tanda penghormatan dan memuliakan Baitullah.

Sumber: Pribadi

Tawaf juga bukan satu-satunya ritual ibadah umrah/haji loh. Ada ibadah Sa’i yaitu jalan kaki (juga berlari-lari kecil) bolak balik tujuh kali dari bukit Safa dan Marwa sebagai bentuk napak tilas perjuangan Siti Hajar untuk mencarikan air bagi putranya (Nabi) Ismail yang kehausan. Jarak antara bukit Safa dan Marwa ada beberapa versi; 350 m, 450 m, atau 500m. let’s say jaraknya 350m. berarti kalau tujuh kali balikan x 350m sama dengan 2 km 450 m.
            Waaah, baru dua tawaf dan jalan di Safa & Marwa aja udah lebih dari 5 km belum lagi jalan kaki dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya. Itu baru umrah. Lah, apakabar ibadah haji yang lebih banyak ritual ibadah dan jalan kakinya? Tapi, berdasarkan pengalaman, meskipun kaki pegel tapi nggak ada rasa capek. Serius! Padahal jalan kakinya berkilo-kilo. 
            Ah, sekarang ngerti kenapa para orang tua banyak yang bilang “Ayo, daftar ibadah Haji mumpung masih muda dan kuat!” Ternyata emang ibadah haji ini sangat menuntut fisik yang prima.
            If you can survive walking in Mecca then you can survive walking anywhere in the world!
kalau udah bisa menjalankan ibadah umrah apalagi haji, mau jalan dimana pun insya Allah bakalan kuat.
So, wanna walk with me?

Coming up next more interesting facts and tips from Traveler Modis; gimana sih tips jalan kaki saat traveling? Gimana sih tips menghadapi penerbangan panjang? Gimana sih tips pulang dari traveling yang panjang dan melelahkan? Ada juga kisah menarik “A Journey To The Capital Of ‘Telor Asin’ Of The World”. Mau tau? Stay tune!

You Might Also Like

8 komentar

  1. Gak nyangka banget nomer 1-nya Mekkah... sumpah! tapi sepanjang dan sejauh apapun.. Mekkah tetap indah. Jadi klo udah ke paling berat...no 2 sampe 6, cincai-lah yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupppp in fact di mekah setiap hari kita jalan ... Jalan ... Dan jalaaan ... So kalo udha bisa "menaklukan" mekah maka jalan kaki di kota mana pun di dunia bisaaa banget

      Hapus
  2. Idfi jadi ini sih sekalian aja sportourism... Menjelajah sambil olahraga jalan kaki niatnya hahahha..

    Ayo fi wujudkan jd guide gw ke mecca... Rinduuuu sangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sporttourism.
      Anyway, ayooo semangaaat. Segera lah wujudkan impianmu ;)

      Hapus
  3. Awwa Santorini.. in my bucketlist Fi 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dirimi ke sanaaaah segera yaaaaa ;)

      Hapus
  4. Ah pengen ke MEkkah dan santorini ... Bismillah semoga kesampaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaamiiiin semogaaaaaa segera yaaaak kakakkk ;)

      Hapus

Popular Posts

Follow by Email